Pages

MENU

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 27 Desember 2018

URAPAN ISAKHAR NAN ISTIMEWA


Nama Isakhar (Ibrani: יִשָּׂשׂכָר - YISHASHOKHAR) memiliki arti "man of hire" Atau "man of reward" alias orang upahan. Isakhar, putra kelima Yakub dari Lea, dikemukakan sebagai seorang yang kuat bagaikan keledai yang kuat dan menyukai ketenangan.

 Isakhar, diumpamakan seperti ”keledai bertulang kuat”. (Kej. 49:14, 15) Hal ini tentu menunjukkan sifat yang juga dicerminkan oleh suku keturunannya. Tanah yang ditetapkan bagi mereka memang ”menyenangkan”, yaitu bagian yang subur di Palestina, yang baik untuk pertanian. Isakhar tampaknya bersedia melakukan kerja keras yang tercakup di dalamnya. Kerelaan ini ditunjukkan dengan ”membungkukkan bahunya untuk memikul beban”. Jadi, meskipun tidak menonjol, suku ini dapat dipuji karena memikul tanggungan berupa tanggung jawab yang menjadi bagiannya.




Suku Isakhar adalah suku yg paling berperan dalam pertempuran di bawah pimpinan Debora, sesama satu suku (Hak 5:15). Pertempuran itu terjadi di dataran Isakhar, dan kemenangan itu menjamin jalan lintas bebas antara orang Israel yang bermukim di daerah pegunungan Efraim dan yang tinggal di Galilea.

Menurut 1 Taw. 12:32, “Dari bani Isakhar orang-orang yang mempunyai pengertian tentang saat-saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yg harus diperbuat orang Israel: 200 orang kepala dengan segala saudara sesukunya yang di bawah perintah mereka,”. Bani Ishakar memiliki hikmat yang luar biasa.

– Mereka yang mempelajari segala macam pergerakan bintang dan planet dan mengerti kronologis waktunya.

– Mereka tahu cara mengartikan/interpretasi arti dari setiap tanda-tanda yang terjadi di langit.

– Dapat mengetahui (menyadari) apa yang akan Tuhan lakukan dan kapan saatnya Tuhan lakukan.

– Mereka dapat mengetahui kapan saatnya seorang pemimpin itu akan naik dan memerintah.

– Mereka tahu kepada siapa mereka harus ikuti dan kapan waktunya mereka harus ikut
.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive