Pages

MENU

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Desember 2018

KAYU POHON ARAS DI LIBANON


 Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ-Hagai 1 : 8

Kayu apakah sebenarnya yang Tuhan bicarakan? Tentu saja kayu sebagai bahan bangunan dari Rumah yang akan dibangun.

Pada zaman Raja Salomo, Bait Suci dibangun sesuai dengan petunjuk Tuhan. Pada Bait Suci Salomo, ada empat jenis pohon yang dipakai yaitu: Aras, Sanobar, Zaitun, Cendana.

1 Raj 6:9: “Setelah ia selesai mendirikan rumah itu, dibuatnyalah langit-langit , rumah itu dari bingkai dan pemapan  dari kayu aras.”
1 Raj 6:15: “ia melapisi dinding rumah itu dari dalam dengan papan kayu aras; dari lantai sampai ke balok langit-langit dilapisinya dengan kayu aras, tetapi lantai rumah itu dilapisinya dengan papan kayu sanobar.”

Bait Suci Salomo memakai  bahan utama  kayu dari pohon aras dan sanobar. Kayu dari pohon zaitun dipakai kebanyakan untuk hal kudus dan ruang kudus. Contohnya, kerub di dalam ruang maha kudus itu dibuat dari bahan kayu zaitun. Kayu cendana dipakai untuk meja dan tangga. Sebagian besar dari lantai menggunakan kayu aras dan sanobar.




Pohon yang paling berharga dan megah yang disebutkan dalam Alkitab adalah "pohon aras di Libanon." Kata Ibrani untuk pohon ini adalah erez. Tinggi pohon ini bisa mencapai 21 sampai 24 m dengan dahan-dahan panjang yang menjulur ke samping. Dahan-dahan dari satu pohon aras panjangnya 33,8 m dari ujung ke ujung. Keliling batang beberapa pohon aras adalah 9 sampai 12 m. Pohon-pohon yang sangat besar ini terus tumbuh selama ratusan tahun. Pohon ini melambangkan kekuatan dan daya tahan, serta terkenal karena ketabahannya.


Dalam Mazmur 92:12 dinyatakan, “Orang benar akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon”, mungkin akan timbul pertanyaan di benak kita mengapa disebut Tuhan bahwa orang benar akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon.

Pohon aras menghasilkan buah yang panjangnya 20 cm dan memerlukan tiga tahun untuk menjadi matang. Kayunya merah dan bebas dari mata kayu. Getah yang wangi menetes dari batang dan buahnya (Mzm. 104:16; Kid. 4:11). Kayunya yang pahit menolak Serangga dan melawan kebusukan.

Dewasa ini pohon aras tumbuh di Libanon; tetapi kurang dari selusin pohon yang masih tumbuh di hutan-hutan yang disebut di Alkitab, dekat pesisir Libanon yang berbatasan dengan Laut Tengah. Batang semua pohon ini mempunyai garis tengah lebih dari 3 m.

Pohon aras adalah jenis pohon yang biasanya tumbuh di puncak gunung yang sangat dingin. Meskipun sangat dingin, namun pohon ini dapat bertahan hidup. Seolah-olah temperatur dingin tidak berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Saat ini hanya tersisa satu rumpun kecil di utara Beirut, Libanon. Oleh karena itu pemerintah Libanon telah menetapkan pohon ini sebagai salah satu tanaman yang dilindungi.

Menjadi orang benar akan membuat hidup kita dilindungi Tuhan, sabar dan tahan uji, selalu bertumbuh serta melawan godaan berbuat salah. ***

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive